Hipmi Ubah Mindset Mahasiswa, Dari Ingin Bekerja Jadi Ingin Menjadi Pengusaha

Hipmi Ubah Mindset Mahasiswa, Dari Ingin Bekerja Jadi Ingin Menjadi Pengusaha

Dengan pendidikan vokasi, mahasiswa sudah dibiasakan di lingkungan pertanian diluar kampus. Di Indonesia sendiri sekarang sudah mulai banyak universitas yang berinvestasi dalam program entrepreneur baik melalui kurus, program inkubator kampus atau juga beasiswa inovasi. Selain itu, ada banyak dukungan lain yang bisa mendorong mahasiswa untuk mulai merintis usaha baru, seperti program mentoring antara mahasiswa dan pengusaha sukses dan program pendanaan usaha rintisan dari pemerintah. Meskipun betul bahwa mahasiswa harus meluangkan banyak waktu untuk belajar, namun jika Anda bisa mengatur waktu dengan baik maka Anda bisa menjalankan bisnis sambil tetap belajar di kampus. Bahkan, merintis usaha sendiri bisa membantu menyelesaikan pendidikan yang sedang dijalani jika bidang bisnis yang dirintis sesuai dengan pelajaran yang diambil. Di usia ini, kamu seharusnya sudah mulai bisa mandiri dan tidak lagi merepotkan orangtua.

Lebih lanjut disampaikan bahwa seorang pengusaha itu adalah orang yang mau bekerja keras atau berusaha yang orang lain tidak kerjakan. Indonesia membutuhkan kurang lebih 2 juta wirausaha yang bisa menopang pembangunan ekonomi Indonesia, namun saat ini masih sedikit belum setengahnya, pangkasnya. Pendidikan dan dunia kerja bukan hanya untuk menyiapkan lulusan yang siap kerja karena memiliki keterampilan atau keahlian yang dibutuhkan dunia industri. Pendidikan mesti juga melatih lulusan untuk mampu mandiri menjadi wirausaha yang membuka lapangan kerja bagi dirinya maupun orang lain.

Sewaktu menjalankan bisnis ini, perlu kesabaran ekstra dalam memberikan bimbingan. Di sini mahasiswa dapat menjual berbagai macam baju, celana/rok, pernak-pernik, dan berbagai jenis sepatu. Ada banyak forum jual beli online yang menawarkan kemudahan transaksi di dunia maya. Penjualan tidak hanya ditujukan kepada teman-teman kampus, tetapi juga kepada pelanggan lain di dunia maya.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Apa saja kelebihan dari produk tersebut hingga banyak peminatnya, dan juga tuliskan apa saja kekurangannya. Demikian sekilas tentang sukses menjadi mahasiswa pengusaha semoga bermanfaat dan tetap semangat. Temukan pelanggan melalui semua komunitas yang ada di kampus Anda dan jangan takut untuk membagi souvenit atau merchandise secara gratis. Anda harus dan perlu mencari ilmu dan pengetahuan yang baru dan selalu update. Carilah seorang mentor yang bisa memberi Anda masukan dan saran tentang usaha yang sedang Anda jalani.

Dengan berwirausaha dan menggunakan twitter sebagai media promosi tentunya akan membuat produk tersebut lebih dikenal luas oleh konsumen sehingga pendapatan yang diterima juga akan meningkat. Ia menegaskan sebagai generasi muda, termasuk mahasiswa, memiliki potensi besar untuk terjun dan menjalankan wirausaha sehingga dapat merdeka secara finansial. “Menjadi mahasiswa tidak hanya dicetak untuk menjadi pekerja kantoran.

Comments are closed.