Ibu Bekerja Dan Kenikmatan Semu Wfh Saat Pandemi

Lantaran terlalu fokus pada pekerjaan, kamu melewatkan momen berharaga dalam hidup yang nanti akan disesali saat sudah tua. Meskipun kita semua bekerja untuk mendapatkan uang, tapi jangan ternyata bekerja unruk mengejar gaji saja adalah kesalahan terbesar dalam hidup. Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan MoneySmart. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab MoneySmart. Untuk mendapatkan pembeli yang banyak, bisa juga kamu berjualan di spot-spot wisata atau space bebas kendaraan bermotor. Lumayan kan hanya dengan berjualan beberapa jam kamu sudah bisa mendapatkan pendapatan tambahan dalam jumlah yang besar.

Bekerja santai dari rumah

Apabila ruangan rumah Anda mencukupi, Anda dapat membuat perpustakaan untuk keluarga. Di perpustakaan ini, keluarga dapat meluangkan waktu untuk membaca dan anak-anak dapat memanfaatkannya untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah mereka. Sembari Anda menyelesaikan pekerjaan, Anda dapat hadir bersama mereka sehingga menambah hangat rasa kekeluargaan. Sesekali Anda dapat membantu tugas anak-anak Anda agar mereka mendapat perhatian yang cukup dari orang tuanya. Seperti halnya semua ibu, tentu kita ingin terus mendampingi si Kecil di masa tumbuh kembangnya. Akan tetapi, bekerja juga menjadi salah satu bentuk tanggung jawab kita sebagai orang tua, bukan?

Meletakkan meja kerja di ruang keluarga untuk menciptakan suasana kerja yang lebih santai. Anda tentunya semakin memiliki waktu luang saat Anda harus bekerja dari rumah disebabkan oleh virus corona. Meskipun melakukan pekerjaan dari rumah, hindarilah untuk bekerja secara berlebihan. Dengan mengisi waktu luang, Anda bisa mengistirahatkan pikiran Anda dan mengisinya dengan hal positif. Di bawah ini akan dibahas 15 ideas kegiatan bermanfaat untuk mengisi waktu luang.

Dengan kebersihan dan kerapihan yang terjaga saat kerja dari rumah, kamu pun akan tetap nyaman bekerja seharian. Work from residence memang terkesan lebih fleksibel dan praktis, tapi bukan berarti kamu tidak memperhatikan kebersihan. Sebisa mungkin setelah jam kerja berakhir, rapikan dan bersihkan ruang kerjamu. Jika rumah Anda memiliki luas yang terbatas, setidaknya Anda memiliki meja kerja khusus yang dilengkapi dengan laci untuk menyimpan peralatan dan dokumen Anda. Mereka yang bekerja di rumah cenderung memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berkumpul dengan keluarga. Pasalnya, mereka bisa bekerja sambil mengasuh anak dan mengerjakan pekerjaan domestik lainnya seperti memasak, menyapu, mencuci piring, dan sebagainya.

Hal ini karena terlalu banyak bekerja justru dapat membuat kondisi tubuh kelelahan sehingga produktivitas kerja menjadi menurun. Meskipun tujuannya agar semua pekerjaan cepat selesai, tapi justru mungkin saja hasil dari pekerjaan tersebut tidak maksimal karena kondisi tubuh yang sudah lelah. Oleh karena itu, usahakanlah untuk tetap mengambil waktu beristirahat secukupnya. Christine Riordan menyatakan di Harvard Business Review bahwa karyawan yang memiliki teman dekat di tempat kerja bisa bekerja lebih semangat.

Jika prinsip yang diterapkan demikian, maka bekerja di rumah tidak akan membawa perubahan pada kualitas dan kinerja yang semakin baik, tetapi justru menjadi buruk. Sementara bagi mereka yang bekerja di rumah tentu tidak membutuhkan kendaraan untuk cell ke kantor, sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi. Sementara dalam hal busana kerja pun, ada aturannya bagi pekerja kantoran.

Produktivitas kamu akan semakin meningkat ketika kamu memiliki tempat kerja yang nyaman di rumah. Lebih baik lagi, jika kamu membuat suasana meja kerjamu seperti suasana meja kerja di kantor. Ini akan menolong kamu untuk lebih fokus dalam menyelesaikan tugas pekerjaanmu. Justru jika kamu bekerja di kantor, kamu dapat memulai hari dari meja, lalu pindah ke ruang santai, beralih ke couch, atau sesekali sembari duduk di kursi pijat jika kantor kamu memilikinya. Demikian pula saat bekerja dari rumah, pilihlah satu tempat khusus sebagai “residence base”, .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *