Menimbang Untung Rugi Usaha Kos Kosan

tentu akan mempengaruhi semakin cepat atau lambatnya investor balik modal. Hal itu dipengaruhi oleh harga sewa kos, lokasi, fasilitas kos dan kenyamanan serta keamanan kos yang Anda miliki. Untuk itu, pastikan Anda memperhatikan berbagai faktor tersebut. Jadi pemilik kos-kosan bisa mengiklankan kost-kostan atau hunian lainnya. Biaya untuk mengiklankan kos-kosannya dimulai dengan harga nol rupiah hingga dua ratus ribu rupiah. Jika memasang iklan dengan harga dua ratus ribu rupiah maka pemilik kos bukan hanya bisa memajang foto kos-kosannya namun juga bisa mengupload video kost-kostanya.

Atas alasan tersebut pemilik rumah harus lebih selektif dalam mencari calon penyewa. Kendati demikian, kini harga tanah dan bangunan kian hari kian meninggi, ditambah penduduk di Tanah Air begitu padat. Bagi seorang pebisnis, masalah ini menjadi ladang untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Dalam sebuah bisnis, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, untuk itu Sobat juga perlu mempertimbangkan kekurangan dari bisnis kos. Hal ini semakin memperbesar peluang kos kosan Anda laku tersewa.

Ia memberikan keringanan dengan melihat dulu kondisi si penyewa. Lokasi yang kurang strategis akan memperlambat Anda dalam menerima penyewa. Selesaikanlah semua urusan administrasi yang dibutuhkan supaya tak menghalangi jalannya bisnis, dan mengurangi resiko terjadinya hal yang tidak diharapkan dalam bentang panjang. Bila memungkinkan, carilah pemodal yang dapat diajak berprofesi sama untuk menanam saham pada bisnis Anda.

Artis yang berasal dari Aceh, Cynthiara Alona juga menjadi sosok yang sukses dengan bisnis kos kosannya. Artis Indonesia satu ini sudah menggeluti bisnis kos kosan sejak tahun 2009 silam. Berawal dari modal yang terbatas, kini justru memiliki kosan mewah yang diberi nama Kia Residence. Bahkan kini sudah memiliki beberapa titik kos kosan di Jakarta termasuk di Bali. Artis yang bergelut di bidang kosan memang tidak hanya dari kalangan pesinetron atau presenter.

Usaha kost-kostan

Mandiri tentu boleh, tapi seorang pebisnis amatir hendaknya memiliki asisten yang bisa dipercaya untuk membantu eksekusi sehari-hari. Tujuannya, agar si pebisnis bisa fokus untuk mengembangkan bisnis. Tak perlu khawatir sepi peminat, lengkapi akses dan fasilitasnya saja untuk menarik minat calon penyewa. Diperkirakan, dalam waktu 5-10 tahun modal akan kembali dengan tambahan keuntungannya. Meskipun di awal membutuhkan modal besar, namun perputaran uang di bisnis ini sangat cepat dan modal bisa kembali dalam waktu singkat.

Jangan memasang dengan harga terlalu murah ataupun terlalu tinggi. Jika terlalu murah tentu Anda tidak akan mendapatkan keuntungan namun jika terlalu tinggi juga akan membuat kost-kostan Anda tidak laku dan sepi peminat. Untuk itu tetapkan biaya sewa yang sesuai dengan standar yang ada dipasaran dan wajar. Menjalankan bisnis yang satu ini tidak bisa dengan major-primary ada beberapa hal yang harus Anda pelajari dan persiapkan secara terperinci diantaranya adalah.

Karena bisnis ini merupakan sebuah investasi yang memberikan banyak keuntungan yaitu dari penyewaan kost-kosan, harga properti yang kian lama kian mahal, dll. Modal awal besar Untuk membuka bisnis sampingan kost-kostan ini, Anda membutuhkan modal yang cukup besar. Tentunya modal ini digunakan untuk membuat beberapa petak kamar yang bisa anda jadikan sebagai ladang emas nantinya. Jika anda memiliki sebidang tanah yang cukup luas, modal yang Anda keluarkan relatif lebih sedikit daripada yang belum memiliki tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *