Pengusaha Muda

Di perguruan tinggi ada banyak orang-orang hebat dari berbagai macam latar belakang, jadi manfaatkanlah relasi yang kamu miliki. Misalnya kamu bingung, bagaimana cara jualannya, kemudian target pasar yang pas siapa, atau berapa kamu harus mematok harga untuk jasa atau produk yang kamu tawarkan. Sebut saja Mark Zuckerberg, yang bisa membuat situs media sosial terbesar di dunia Facebook ketika masih kuliah di Harvard. Unduh aplikasi Rencanamu sekarang, tuntaskan semua kegalauan dengan mengetahui minat dan potensi terbaikmu, hingga jurusan kuliah yang kamu banget.

Anda juga bisa memanfaatkan jurus promosi memanfaatkan iklan online baik itu melalui Facebook atau Instagram. Optimalkan juga grup-grup Whatsapp dan komunitas yang Anda ikuti. Setelah meriset bisnis potensial apa saja yang berpeluang meraih pasar di tengah pandemi, langkah selanjutnya dalam memulai bisnis di tengah pandemi adalah menentukan mana yang kira-kira bisa Anda jalankan. Memulai bisnis di tengah pandemi bisnis tidak harus langsung memakan modal besar.

Anda perlu mempertimbangkan peluang bisnis yang tersedia dengan modal yang Anda punya. Modal tak hanya soal uang, Anda juga butuh modal kemampuan, kemauan, pengalaman, hingga waktu luang. Tidak perlu menargetkan bisnis yang terlalu besar, Anda bisa memulai dengan menjalankan bisnis kecil-kecilan. Misalnya dengan menjadi reseller produk, penulis artikel, hingga membuat berbagai produk kerajinan tangan. Minimal, Anda dapat belajar mengenai peluang dan memperbanyak modal.

Jangan salah, bisnis makanan ini tidak hanya bisa dijalankan secara offline saja. Tetapi juga bisa menawarkan camilan yang akan dijual secara online. Bisnis yang satu ini patut dicoba untuk mahasiswa yang ingin bisa sukses dengan usaha bisnisnya. Berbagai komunitas dibentuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan berkumpul dan mendapatkan informasi yang semakin hari semakin kaya ini. Terlebih dengan berkembangnya teknologi kini komunitas bisa kita jumpai melalui media online. Lihat saja sudah berapa ratus atau ribu komunitas yang dibentuk di media on-line, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.

Berikan juga semua informasi mengenai produk usaham pada mereka, dan mintalah masukan dan kritik yang bisa mengembangkan usahamu tadi. Kamu perlu menambah ilmu dan pengetahuanmu tentang berbisnis dari orang yang sudah berpengalaman. Carilah teman-temanmu yang mungkin sudah lebih dulu terjun Tembak ikan di dunia wirausaha darimu. Kalau respon dari mereka masih saja tidak memuaskan, ulangi terus sampai kamu benar-benar mendapatkan respon yang baik dari orang-orang yang sudah mencoba produkmu. Respon baik sudah kamu kantongi, sekarang kamu boleh untuk mulai perlahan-lahan unjuk gigi.

Sikap profesional wajib dimiliki setiap orang, mulai dari lingkungan perkantoran hingga lingkungan bisnis. Sikap profesional seperti ini akan membantu kamu agar tetap fokus pada rencana yang ingin kamu lakukan untuk memajukan sebuah bisnis. Bukan hanya itu saja, sikap profesional juga bisa membuat kamu lebih tegas, lugas dan cepat dalam menghadapi setiap persoalan yang datang. Berbagai hal seperti rintangan dan kegagalan yang dihadapi dalam menjalankan usaha akan terasa sangat berat dan sulit untuk dijalankan. Namun jika kamu selalu bisa untuk positif thinking salah satunya seperti menamkan rasa optimis dalam diri, tentunya kamu akan bisa lebih baik untuk menghadapi segala persoalan dalam bisnis yang akan kamu kembangkan. Yang namanya menjalankan bisnis pasti ada naik turunnya, pasang surutnya hingga untung ruginya.

Mahasiswa bisa memanfaatkan koneksinya untuk membuat warung tersebut menjadi ramai. Saat teman-teman mahasiswa lainnya ada acara pertemuan, warung ini bisa dijadikan tempat untuk berkumpul. Mahasiswa pria biasanya ada yang memiliki kemampuan dalam hal reparasi barang-barang elektronik, komputer, maupun ponsel.

Langkah-langkah mahasiswa memulai wirausaha

Sebagai mahasiswa, pemahamanmu terhadap dunia bisnis mungkin masih terbatas, kecuali, kamu memang lahir dari keluarga pengusaha. Pilihan masa depan ini sedang booming di kalangan anak muda, dan itu adalah hal yang sangat baik. Yup, semangat entrepreneurship dapat meramaikan iklim usaha, mendorong generasi muda untuk lebih produktif dan kreatif, serta menciptakan lapangan pekerjaan. Apabila anak muda Indonesia banyak yang terjun berbisnis maka negara kita bisa semakin maju dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia.