Wacana Kuliah Regular Mulai Juli, Begini Tanggapan Mahasiswa

Salah satu kunci keberhasilan merintis usaha baru adalah dukungan tim yang kuat karena tidak mungkin semua hal kita kerjakan sendiri, perlu ada tim dengan SDM yang strong. Mungkin ini pertanyaan yang banyak ditanyakan orang ketika ingin memulai usaha. Saat bisnis sedang sulit, biasanya money circulate rumah tangga kena imbasnya. Yang dulunya bisa ke mall setiap minggu, atau berlibur ke setahun dua kali, sekarang harus dikurangi, atau bahkan dihapuskan sama sekali demi berhemat untuk keuangan usaha.

Motivasi bagi pelajar untuk memulai usaha

Apalagi memang diakui, saat ini telah banyak atlet-atlet dari Baubau seperti Husna Uba sudah disebut-sebut sebagai salah satu kebanggaan nasional. Untuk itu La Ode Ahmad Monianse berharap, agar pelaksanaan kegiatan tersebut dapat memberikan kontribusi secara positif terhadap pembangunan, khususnya di Kota Baubau. Selain itu, agar dapat mendorong perkembangan dan kemajuan sektor jasa konstruksi di Indonesia, khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara terutama Kota Baubau. Ditambahkan, pembangunan infrastruktur yang pesat membutuhkan tenaga kerja Konstruksi dalam jumlah yang besar. Namun demikian, kuantitas tersebut juga harus dibarengi dengan kualitas yang baik.

Usaha selanjutnya yang dikembangan ialah Virgin Coconut Oil yang merupakan minyak kesehatan yang berasal dari kelapa. Pengalaman ini disampaikan sebagai motivasi bagi mahasiswa agar terus berusaha ketika membuka usaha. Pasang surut akan terus terjadi, tetapi seorang wirausahawan/entrepreneur tidak akan menyerah begitu saja ketika mengalami kegagalan. Para entrepreneur akan terus bangkit dan selalu berusaha lebih baik lagi dalam memperbaiki usaha yang di geluti. Terkait proses itu sendiri, Anggawira mengatakan proses bisa menghasilkan output yang baik jika lingkungan baik, dan kebijakan yang baik pula. Dalam proses ini butuh kerja yang keras dan bergaul dengan masyarakat yang memiliki motivasi yang tinggi untuk menciptakan ketrampilan berwirausaha.

Jadi intinya ilmu ekonomi tuh sebenernya adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam menentukan pilihan yang tujuannya untuk mencapai kesejahteraan.Wah, kesannya luas banget dong ya ekonomi itu, dari mulai urusan dapur sampai urusan negara. Yak, memang ilmu ekonomi itu luas banget, kita bisa lihat dari perspektif sempit sampai yang luas. Dari mulai perekonomian individu, keluarga, perusahaan, negara, sampai skala internasional. Inovasi teknologi berkembang sangat cepat, yang sangat cepat menyebabkan penurunan harga jual, juga di sektor bisnis ….

Pembelajaran dapat dipandang sebagai proses perubahan dan pembentukan pengetahuan, keterampilan, sikap dan kemampuan seorang wirausahawan, baik melalui pendidikan, pelatihan, mentoring, ataupun pengalaman. Sulivan menekankan pentingnya consumer-mentor matching dalam keberhasilan pembimbingan. Ia mengatakan bahwa pengetahuan, keterampilan, dan pembelajaran dapat difasilitasi ketika dibutuhkan wirausaha. Lebih jauh, Rae menggambarkan bahwa pengembangan kemampuan wirausaha dipengaruhi oleh motivasi, nilai-nilai individu, kemampuan, pembelajaran, hubungan-hubungan, dan sasaran yang diinginkannya. Sementara itu Minniti dan Bygrave membuktikan dalam model dinamis pembelajaran wirausaha, bahwa kegagalan dan keberhasilan wirausaha akan memperkaya dan memperbaharui inventory ofknowledge serta sikap wirausaha sehingga ia menjadi lebih mampu dalam berwirausaha.

Sedangkan sikap seseorang dibentuk oleh keingingan individu dan keyakinan mereka pada kemampuan untuk dapat mencapai keberhasilan wirausaha yang diinginkan. sikap berbeda dari sifat karena sifat evaluatif mereka terhadap target tertentu. Selanjutnya, sikap mempengaruhi niat individu dan secara simultan mempengaruhi perilaku. Itu artinya, sikap memiliki peran penting dalam menciptakan niat dan menjadi faktor penentu dalam membentuk perilaku dalam meraih pencapaian wirausaha.

Teman-teman terdekatmu merupakan goal market yang paling dekat dan potensial. Cari tahu apa yang sedang tren sekaligus juga dibutuhkan oleh mereka. Selama barang yang kamu tawarkan benar-benar mereka butuhkan dan pas di kantong, mereka bakalan tidak ragu untuk membelinya. “Cukup dengan memerhatikan tiga hal tadi sebagai modal awal kalian, we will become millionaires,” tandasnya. Dalam kegiatan yang berlangsung selama three jam ini, Ben memberikan materi bertajuk ‘Set Up Your Mind to be a Young Entrepreneur’. Aktor yang juga pengusaha, Ben Kasyafani menjadi nara sumber Seminar Entrepreneur yang diadakan oleh UBSI, Selasa (13/10).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *